Kekuatan Pikiran

Pernah dengar tentang sesuatu yang benar-benar terjadi karena kita membayangkannya? Fenomena itu sering dibahas di psikologi. Aku tak tau persis apa namanya. 

Sederhananya begini, seorang pemahat memiliki ide apa yang akan dibentuk. Kemudian ia memahat di kayu atau batu untuk mewujudkan idenya tersebut. Intinya, seseorang akan berusaha untuk mewujudkan apa yang menjadi idenya, apa yang dipikirkannya. Di kasus lain, seorang wanita membayangkan pacarnya selingkuh, lalu tiba-tiba ia benar-benar mendapati pacarnya berduaan dengan wanita lain. Atau seseorang yang mendapatkan doorprize sesaat setelah ia membayangkannya.

Agak sulit dibedakan dengan firasat, memang. Aku pun belum tahu apa bedanya. Mungkin hal itu yang menjadi dasar munculnya nasihat untuk selalu berpikiran positif.

Lalu bagaimana dengan kasus sebaliknya? Kasus dimana hal yang kita bayangkan justru tidak pernah terjadi. Sepertinya aku selalu mengalaminya. Apa yang aku pikirkan tak pernah terjadi. Baik ataupun buruk.

Taukah kau? Aku selalu memikirkan hal baik tentang kita. Banyak hal baik. Aku sudah lama sadar bahwa apa yang aku bayangkan biasanya tak terjadi. Tapi apa salahnya memikirkan, atau merencanakan, hal yang positif?

Namun setelah itu terjadi, setelah kau mengatakannya, aku berpikir untuk berhenti membayangkan. Aku berpikir bahwa percuma memikirkan sesuatu yang positif sekalipun. Aku berpikir untuk langsung melakukan saja apa yang mulai aku pikirkan, mulai aku rencanakan, mulai aku inginkan. Kau berpikir bahwa beberapa hari ini aku terlalu nekat? Aku terlalu berani? Aku terlalu ekstrim menyampaikan pemikiranku? Sekarang kau tau alasannya.

Satu lagi alasanku menjadi agak beberapa hari ini. Kau tau? Sepertinya aku mulai lelah dengan kode-kode. Aku mulai lelah dengan semua pesan tersirat. Lagi pula belum tentu kita saling mengerti pesan-pesan tersirat yang kita sampaikan, bukan? Maka aku sampaikan, aku katakan, aku jelaskan sejelas-jelasnya. Asal kau mau mendengarkanku.

Aku tak tau ini sepenuhnya salah pikiranku atau apa. Yang aku tau, sepertinya sulit untukmu kembali.

-BAS-

Comments

Popular posts from this blog

Bulan di Balik Awan

Suara Langit, Mengudara di Cakrawala Indonesia