Singa dan Gajah

Pernah berpikir teman lamamu berubah? Pernah cemburu karena teman lamamu lebih sering bermain dengan temannya yang lain?

Seekor singa mungkin saja berteman dekat dengan seekor gajah. Mereka tumbuh bersama, bermain bersama. Tapi singa tetap akan berburu dengan koloninya. Hanya koloninya yang bisa diajak berburu. Hanya koloninya yang bisa memenuhi kebutuhan dan nalurinya. Bukan ia tak ingin berteman dengan gajah. Bukan ia berusaha menjauh dari gajah. Bukan ia merasa tak membutuhkan gajah. Bukan pula ia marah karena sahabatnya tak bisa paling tidak membantu memenuhi kebutuhannya. Bukan berarti juga ia tak akan bermain bersama lagi dengan sahabatnya. Tapi justru karena ia tau bahwa ia tak mungkin menyeret dan memaksa sahabatnya untuk ikut menyalurkan kesenangannya.

Ia hanya tak ingin merepotkan sahabatnya. Singa tak bisa memaksa gajah berburu bersama. Mungkin ia pernah mengajak, namun tak bisa berbuat apa-apa jika sahabatnya menolak. Lalu apakah gajah akan marah pada singa karena mereka jarang bermain bersama lagi?

-BAS-

Comments

Popular posts from this blog

Bulan di Balik Awan

Suara Langit, Mengudara di Cakrawala Indonesia