Menjadi Berbeda, Menjadi Dewasa

Hai, apa kabar? Tiba-tiba saja aku membuka blog pribadimu yang kau buat untuk aku. Untuk melepasku, maksudku.

Selalu ada yang berbeda setiap aku membacanya. Tulisan itu terasa jujur. Entah benar jujur atau apa. Tapi mungkin aku bisa merasakan hati yang sedang berucap seperti itu.

Aku selalu bilang pada orang lain bahwa aku sudah tak apa. Juga pada diriku sendiri. Aku sadar, saat aku mencoba menyapamu pun rasanya sudah berbeda dibanding beberapa minggu lalu. Saat aku mendengar kabar baik darimu pun perasaan yang muncul hanya rasa senang dan lega. Entah lega kenapa.

Saat aku kembali membaca tulisanmu itu, ada yang berbeda. Namun sepertinya bukan sesuatu yang istimewa. Sama seperti saat aku membaca untaian lirik lagu Tak Sempurna dari Bondan Prakoso and Fade 2 Black atau Lady Rose-nya Superman is Dead. Tapi ada makna-makna baik yang baru aku temukan sekarang.

Seseorang mengajarkanku untuk berpikiran positif pada orang lain. Termasuk pada seseorang yang kelihatannya telah menyakitinya. Awalnya kukira ia sakit hati, atau sekedar merasa tersakiti. Namun ternyata ia bisa menangkap maksud baik orang tersebut dan apa yang dilakukannya. Tak peduli itu hanya persepsinya atau bukan, ia tetap menganggap orang itu baik.

Sejak itu, aku banyak belajar. Aku belajar untuk lebih dewasa. Kisah kita selama ini tak mungkin tidak ada yang indah bukan? Tak mungkin tidak ada yang istimewa. Tak mungkin tak ada hal baik di dalamnya. Banyak hal baik dalam dirimu. Aku tahu. Dan tulisan dalam blog pribadimu itu semakin menginterpretasikan bahwa kamu baik. Benar. Tak seharusnya seluruh kebaikan dalam dirimu sirna karena satu hal yang kau lakukan. Apalagi karena hal yang tak salah. Orang lain mengajarkanku untuk menganggap diri sendiri bukan sebagai korban, tapi sebagai tersangka untuk melupakan perasaan yang lampau. Ya, kau tak salah. Dan caraku untuk menghilangkan rasa itu adalah tidak dengan menganggapmu buruk.

-BAS-

Comments

Popular posts from this blog

Bulan di Balik Awan

Suara Langit, Mengudara di Cakrawala Indonesia