Sudut Pandang

Seseorang yang sebelumnya hanya kuanggap bocah kecil mampu memberikan pelajaran yang sangat berharga. Sebelumnya kuanggap ia sebagai orang yang tak pernah serius, tak bisa menyesuaikan kondisi, selalu bercanda. Memang memberikan kesegaran dalam kelompok, namun tak jarang membuat orang lain kesal.

Kemarin ia bicara soal kehidupannya. Bicara tentang pengalamannya, tentang pandangan-pandangannya. Dan tepat saat itu ia mengubah pandanganku akan dirinya. Pandangan kritisnya menunjukkan isi otaknya yang sebenarnya. Kemampuannya memahami orang lain, melihat sesuatu yang tak mudah dilihat orang lain, menunjukkan betapa dewasanya ia.

Kagum. Mungkin ia tak tau, tapi seberharga itu lah inti dari pembicaraan panjang lebarnya saat itu bagiku. Pembicaraan panjang yang ringan, santai, kadang diiringi canda seperti biasanya, namun memiliki arti yang mendalam bagi seorang wanita yang tengah berusaha keras untuk keluarga dan kehidupannya. Yang berjuang untuk lebih menghargai dirinya sendiri dan berpikir jernih sebagai orang yang sudah tau mana yang benar dan mana yang salah.

Maka, lihat seseorang dari berbagai sudut pandang, dan kau akan menemukan berbagai kejutan di sana.

-BAS-

Comments

Popular posts from this blog

Bulan di Balik Awan

Suara Langit, Mengudara di Cakrawala Indonesia