Permainan Sudut Pandang

Dua orang dengan meja bersebelahan di tempat kerja. Hari ini aku mendapat duplikat pekerjaan mereka. Orang yang pertama berhasil menghubungi HRD di tempat kerja aplikan yang pertama. Orang kedua sama sekali tak mendapatkan informasi dari tempat kerja aplikan kedua. Padahal aplikan pertama dan kedua bekerja di tempat yang sama. Padahal jika orang pertama dan kedua tahu ada aplikan mereka yang bekerja di tempat yang sama, mereka bisa bekerja sama untuk kemudian sama-sama berhasil menyelesaikan pekerjaan mereka.

Dan aku baru saja membaca novel dan komik dengan tipe cerita yang sama. Bersambung dengan dua sudut pandang tokoh yang berbeda. 

Seru bisa jadi pihak ketiga yang tahu cerita dari dua sudut pandang yang berbeda. Kau bisa tahu semuanya. Yang padahal orang pertama tidak tahu. Yang padahal orang kedua tidak tahu. Yang padahal kalau mereka saling tahu, akan sangat berbeda ceritanya. Benar, kan? Kan sudah ku bilang, jangan lihat sesuatu hanya dari satu sisinya saja. Lebih spesifiknya, jangan lihat sesuatu hanya dari satu sisi yang ingin kamu lihat saja. Kau tahu? Bahwa sudut pandang sangat suka bermain-main dengan prasangka.


-BAS-

Comments

Popular posts from this blog

Bulan di Balik Awan

Suara Langit, Mengudara di Cakrawala Indonesia