Gangguan Penglihatan dan Penampakan

Akankah orang dengan gangguan penglihatan, misalnya rabun jauh dan sedang tidak menggunakan kacamata minusnya, bisa melihat penampakan makhluk halus?

Mari bayangkan, kalaupun memang ada makhluk halus sedang menampakkan diri di depannya, kemungkinan besar ia tidak bisa melihatnya. Benda nyata yang jelas pun akan terlihat buram, bagaimana dengan makhluk halus yang samar-samar bahkan kadang hanya sekilas.

***

Sekelompok orang selalu berbicara jelek tentang kelompok lainnya. Aku memilih untuk tidak menetap di salah satu antara mereka. Tidak ikut membicarakan apapun tentang mereka. Berusaha menghindar jika kegiatan yang sudah seperti rutinitas itu dimulai dan memulai pembicaraan baru bersama kelompok lain atau menutup wajahku dengan jaket untuk kemudian tertidur.

Suatu hari aku bersama salah satu kelompok. Satu orang sedang tidak bersama mereka. Tiba-tiba pembicaraan mengarah pada kejelekan orang tersebut. Padahal yang kutahu dia sangat baik. Kebaikan orang yang nyata dan jelas selalu bersama mereka pun kadang tak terlihat dan diabaikan. Bagaimana dengan yang lain? Bagaimana dengan sekelompok orang yang bahkan hanya satu kali ikut berbincang dengan mereka di saat perkenalan?

-BAS-

Comments

Popular posts from this blog

Bulan di Balik Awan

Suara Langit, Mengudara di Cakrawala Indonesia